Kamis, 18 September 2014

APEM KUKUS


Tentunya sudah hampir semua orang akan mengetahui kue apem yang menjadi salah satu kue jajanan pasar tradisionl khas Indonesia, karena sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa negara kita sendiri memang memiliki berbagai macam kuliner yang memiliki aneka ragam citarasa yang berbeda-beda. Seperti salah satunya adalah kue apem tersebut yang memiliki rasa manis dan tekstur yang lembut dketika dimakan, dan kue tersebut biasanya akan sangat mudah di dapatkan di berbagai pasar tradisional.

Namun tentunya untuk dapat menikmati kudapan tersebut tidak harus selau dengan membelinya diluar, karena jika anda dapat mengetahui cara membuatnya aka tentunya tak ada salahnya jika anda mencoba membuatnya sendiri di rumah. Dan bagi anda yang ingin mencoba membuat kue apem tersebut, maka di bawah ini adalah sebuah resep dan cara membuat kue apem yang dapat kita ketahui bersama.

Bahan yang dibutuhkan:
  • Tepung beras sebanyak 250 gram
  • Tepung kanji atau sagu sebanyak 50 gram
  • Gula pasir sebanyak 140 gram
  • Ragi instan sebanyak 1 sendok teh
  • Pewarna makanan secukupnya (disesuaikan dengan selera)
  • Garam secukupnya
  • Santan kental sebanyak 200ml
  • Air hangat sebanyak 250ml

Cara membuat kue apem kukus:

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mendidihkan santan terlebih dahulu dengan gula pasir hingga gua larut dengan menggunakan api kecil, setelah itu sisihkan dan biarkan hingga dingin. Sementara itu, larutkan ragi instant dengan menggunakan 4 sendok makan air kemudian sisihkan, setelah itu campurkan tepung beras dengan beberapa bahan lainnya seperti tepung kanji air larutan ragi, dan juga air hangat hingga merata. Lalu uleni adonan tersebut hingga tercampur rata dan menjadi kalis selama kurang lebih lima belas menit, setelah itu tuangkan santan dan aduk kembali hingga seluruh adonan tercampur rata dan biarkan selama kurang lebih satu jam.

Kemudian anda dapat membagi adonan tersebut menjadi beberapa bagian untuk diberikan pewarna makanan yang disesuaikan dengan selera anda, setelah itu tuangkan adonan pada cetakan yang terbuat dari plastik anti panas. Dan langkah terakhir pembuatan kue apem tersebut adalah dengan memanaskan dandang hingga airnya mendidih dan masukan seluruh adonan tadi kedalam dandang, kukus adonan selama kurang lebih dua puluh menit kemudian angkat dan sajikan kue apem tersebut selagi hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar