Kamis, 18 September 2014

SAMBAL BAWANG



Resep sambal bawang tentunya tidak akan selalu diketahui oleh setiap orang, yang sebenarnya resep sambal bawang tersebut dapat dikatakan sebagai salah satu resep sambal yang paling mudah setelah sambal terasi. Setiap daerah biasanya memang memiliki makanan dengan citarasa khas tersendiri, begitu juga dengan sambal tentunya, bagi mereka para penggemar kuliner dengan citarasa yang pedas, maka sambal tentunya akan menjadi tujuan utama kuliner bagi mereka. Seperti salah satunya adalah sambal bawang yang berasal dari wilayah kota Yogyakarta, dan sambal tersebut biasanya akan sangat cocok jika disajikan dengan ikan goreng ataupun ikan bakar.


Dan bagi anda yang penasaran dan ingin mencicipi sambal tersebut maka tentunya tidak harus selalu dengan membelinya di luaran, akan tetapi anda pun dapat membuatnya sendiri di rumah jika sudah mengetahui resep dan juga caranya. Dan bagi anda yang ingin bisa membuatnya sendiri di rumah, maka di bawah ini adalah sebuah resep sambal bawang beserta cara pembuatannya yang dapat kita ketahui bersama.

Bahan yang dibutuhkan :
  • Cabai merah sebanyak 100 gram
  • Cabai rawit hijau sebanyak 20 buah
  • Bawang merah sebanyak 10 siung
  • Bawang putih sebanyak 10 siung
  • Ebi atau udag kecil kering sebanyak 1 sdm
  • Garam sebanyak 1 sdt
  • Gula pasir sebanyak ½ sdt
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat sambal bawang :

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menggoreng beberapa bahan seperi cabai, ebi dan juga bawang hingga matang, setelah itu angkat dan tiriskan, sementara itu siapkan sebuah cobek kemudian haluskan seluruh bahan tadi dengan cara menguleknya di atas cobek. Langkah kedua yang dpat dilakukan adalah memanaskan kembali wajan dengan sekitar 6 sdm minya goreng, setelah panas masukan ulekan sambal tadi dan tumis sambal hingga mengeluarkan aroma yang harum.

Dan langkah trakhir dalam resep sambal bawang di atas adalah dengan memasukan beberapa bumbu lainnya seperti gula dan juga garam yang dapat disesuaikan dengan selera anda, setelah di cicipi terlebih dahulu maka tumislah sambal hingga benar-benar matang lalu angkat dan sajikan. Bagi yang tidak menyukai ebi atau udang kering kecil, maka anda pun dapat tidak meyertakan bahan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar