Senin, 23 September 2013

Hewan di Indonesia yang terancam punah

  1. Orang Utan
orangutan hidup di hutan-hutan yang terdapat diPulau Sumatra dan Kalimantan. Keberadaannya mulai terancam akibat aktivitas manusia.  Orangutan banyak diburu dan dirusak tempat hidupnya. Jika satu jenis hewan punah, tidak akan ada jenis hewan lain yang dapat menggantikannya


 

2. Komodo

Komodo adalah kadal terbesar di dunia. Komodo hanya hidup di Kepulauan Flores terutama hidup di Pulau Komodo. Komodo membutuhkan 5 tahun untuk tumbuh sampai ukuran 2 meter. Komodo dapat hidup sampai 30 tahun. Komodo dewasa dapat menyerang manusia.
  


3. Anoa

Anoa merupakan binatang khas dari Pulau Sulawesi. Hewan tersebut hanya hidup di Pulau Sulawesi. Jumlah hewan itu terus berkurang karena tempat hidupnya terus dirusak. 





4. Harimau Sumatra

Harimau Sumatra merupakan jenis harimau terakhir yang masih hidup di Indonesia. Harimau Sumatra terus diburu karena meningkatnya permintaan bagian tubuhnya. Kulit harimau banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti tas, sepatu, ataupun bahan pakaian. Harimau Sumatra akan punah jika terus diburu.




 5. Badak Jawa / Badak Bercula Satu



Badak Jawa terdapat di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten. Hewan tersebut terancam punah. Badak Jawa disebut juga badak bercula satu.



6. Kura-Kura Berleher Ular


Meskipun jenis kura-kura itu baru ditemukan, tetapi hewan tersebut sudah terancam punah. Hewan itu hanya terdapat di Pulau Roti, Indonesia. Hewan itu banyak diburu untuk dijual ke luar negeri.



7. Penyu Hijau 

menunjukkan penyu hijau. Jumlahnya semakin berkurang dan terancam punah. Penyebabnya adalah pantai-pantai rusak dan perburuan liar. Hewan itu dapat ditemukan di Pantai Pangumbahan dan Suaka Margasatwa Cikepuh, Sukabumi, Jawa Barat.




8. Ikan Pari Hiu

Ikan pari hiu ditemukan di Lautan Indonesia Timur. Hewan itu ditangkap untuk memenuhi permintaan rumah makan. Jumlahnya sekarang semakin berkurang.




9.  Ikan Gergaji Bergigi Besar


Sama seperti ikan pari hiu, ikan gergaji bergigi besar ditemukan di Lautan Indonesia Timur. Kondisinya pun sama, keberadaannya semakin berkurang. Hewan ini dimanfaakan untuk makanan. 




10. Burung Jalak Bali
 
Jalak Bali memiliki penampilan yang indah dan elok. Karena keindahannya, banyak orang yang menginginkannya untuk dijadikan koleksi. Jumlahnya semakin berkurang. Sesuai dengan namanya, burung ini hanya ditemukan di Pulau Bali.




11. Burung Cendrawasih 

Burung cendrawasih terancam punah karena terus diburu. Burung itu diburu karena memiliki bulu yang indah. Padahal burung itu hanya ditemukan di Papua



12. Burung Caerulean paradise
 
Burung itu sekarang jumlahnya tidak lebih dari 100 ekor. Kerusakan tempat hidupnya di Sangihe, Sulawesi, menjadi penyebab burung ini terancam punah.




13. Burung Kakaktua Jambul Kuning

Burung itu banyak diperdagangkan di Jawa, Bali,bahkan di Singapura. Jumlahnya semakin hari semakin berkurang. Burung itu memiliki jambul yang khas sehingga banyak dicari .




14. Burung Maleo
 
Maleo hanya ditemukan di hutan Sulawesi. Telur burung itu lima kali lebih besar daripada telur ayam. Burung itu terancam punah karena berbagai faktor. Hutan yang rusak dan tingkat kematian anak burung yang tinggi mengancam keberadaan burung ini.




Semoga Bermanfaat ........... :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar