Kamis, 24 Oktober 2013

Resensi Buku "Panduan Cowok Menjelang Remaja"



RESENSI BUKU




Judul                           : Panduan Cowok Menjelang Remaja 
Penulis                        : Amy B. Middleman & Kate Gruenwald Pfeifer 
ISBN                           : 602-838-109-3 
Tahun Terbit             : 2008 
Jumlah Halaman       : 128




RINGKASAN DAFTAR ISI


Bab I :
Selamat Datang Pubertas

Bab II : 
Makan, Olahraga, dan Berat Badan yang Sehat

Bab III :
Tinggi Badanmu

Bab IV :
Kulit, Gigi, dan Rambutmu

Bab V :
Sistem Reproduksi Luar dan Dalammu

Bab VI :
Ereksi, Mimpi Basah, dan Masturbasi

Bab VII : 
Perasaanmu

Bab VIII :
Hubungan Antar manusia

Bab  IX
Bagaimana dengan sex ?

IKHTISAR/SINOPSIS


Penyebab perubahan pubertas
  1. Peran Kelenjar Pituitary – Kelenjar pituitary mengeluarkan dua hormon yaitu hormon pertumbuhan yang berpengaruh dalam menentukan besarnya individu, dan hormon gonadotrofik yang merangsang gonad untuk meningkatkan kegiatan. Sebelum masa puber secara bertahap jumlah hormon gonadotrofik semakin bertambah dan kepekaan gonad terhadap hormon gonadotrofik dan peningkatan kepekaan juga semakin bertambah, dalam keadaan demikian perubahan-perubahan pada masa puber mulai terjadi.
  2. Peran Gonad- Dengan pertumbuhan dan perkembangan gonad, organ-organ seks yaitu ciri-ciri seks primer : bertambah besar dan fungsinya menjadi matang, dan ciri-ciri seks sekunder, seperti rambut kemaluan mulai berkembang.
Interaksi Kelenjar Pituitary dan Gonad – Hormon yang dikeluarkan oleh gonad, yang telah dirangsang oleh hormon gonadotrofik yang dikeluarkan oleh kelenjar pituitary, selanjutnya bereaksi terhadap kelenjar ini dan menyebabkan secara berangsur-angsur penurunan jumlah hormon pertumbuhan yang dikeluarkan sehingga menghentikan proses pertumbuhan, interaksi antara hormon gonadotrofik dan gonad berlangsung terus sepanjang kehidupan reproduksi individu, dan lambat laun berkurang menjelang wanita mendekati menopause dan pria mendekati climacteric.

Menjadi remaja adalah tahapan penting dalam kehidupan setiap anak cowok. Pada masa ini sangat penting bagi setiap cowok mendapatkan jawaban dan nasihat dari sumber terpercaya. Buku Panduan Cowok Menjelang Remaja dari American Medical Association dilengkapi dengan saran berharga untuk mempersiapkanmu menghadapi perubahan yang akan kamu alami selama masa pubertas.

Buku Panduan Cowok Menjelang Remaja ini membantumu memahami masalah kesehatan yang menjadi perhatian bagi para cowok menjelang remaja, dan akan mengajarimu bagaimana merasa aman, bahagia, dan sehat selama masa ini.


PUBERTAS

Pubertas adalah masa ketika seorang anak mengalami perubahan fisik, psikis, dan pematangan fungsi seksual. Masa pubertas dalam kehidupan kita biasanya dimulai saat berumur delapan hingga sepuluh tahun dan berakhir lebih kurang di usia 15 hingga 16 tahun. Pada masa ini memang pertumbuhan dan perkembangan berlangsung dengan cepat. Pada wanita pubertas ditandai dengan menstruasi pertama (menarche), sedangkan pada laki-laki ditandai dengan mimpi basah. Kini, dikenal adanya pubertas dini pada remaja.
Seorang anak akan menunjukkan tanda-tanda awal dari pubertas, seperti suara yang mulai berubah, tumbuhnya rambut-rambut pada daerah tertentu dan payudara membesar untuk seorang gadis. Untuk seorang anak perempuan, tanda-tanda itu biasanya muncul pada usia 10 tahun ke atas dan pada anak laki-laki, biasanya lebih lambat, yaitu pada usia 11 tahun ke atas. Perubahan fisik yang terjadi pada masa pubertas bertanggung-jawab atas munculnya dorongan seks. Pemuasan dorongan seks masih dipersulit dengan banyaknya tabu sosial, sekaligus juga kekurangan pengetahuan yang benar tentang seksualitas.
Penyebab munculnya pubertas ini adalah hormon yang dipengaruhi oleh hipofisis (pusat dari seluruh sistem kelenjar penghasil hormon tubuh). Berkat kerja hormon ini, remaja memasuki masa pubertas sehingga mulai muncul ciri-ciri kelamin sekunder yang dapat membedakan antara perempuan dan laki-laki. Dengan kata lain, pubertas terjadi karena tubuh mulai memproduksi hormon-hormon seks sehingga alat reproduksi telah berfungsi dan tubuh mengalami perubahan.

Perubahan pada alat kelamin dan munculnya rambut kemaluan.
Penis dan buah  zakar akan membesar dan bertambah panjang. Buah zakar sebelah kiri biasanya letaknya lebih rendah daripada yang kanan. Kulit buah zakar akan menjadi lebih gelap dan teksturnya berubah. Sekitar satu tahun setelah penis mulai berkembang, sebagian besar remaja pria akan mengalami ejakulasi (pengeluaran cairan semen yang mengandung sperma dari penis) pertama mereka. Rambut kemaluan juga akan mulai tumbuh pada pangkal penis, yang mana seiring dengan waktu akan semakin tebal, kasar, dan keriting. Rambut kemaluan ini akan terus tumbuh, membentuk area berbentuk segitiga di sekitar penis, dan bahkan dapat menyebar sampai ke paha. Saat memasuki masa pubertas, remaja pria juga akan mulai mengalami ereksi  dan mimpi basah.

Apa yang dimaksud dengan ereksi?
Ereksi terjadi ketika penis anak menjadi lebih panjang dan keras. Biasanya terjadi ketika anak memikirkan hal-hal yang erotik, atau bisa juga karena stimulasi fisik (masturbasi), namun kadang-kadang tanpa stimulasi sama sekali, atau disebut juga ereksi spontan. Sebagian besar ereksi yang terjadi tidak lurus, namun agak melengkung ke atas atau ke samping. Ukuran penis bervariasi pada tiap remaja pria, namun pada saat ereksi sebagian besar penis memiliki ukuran yang sama.
Apakah itu mimpi basah?
Orang tua perlu menghimbau anak mereka, agar tidak merasa malu saat mengalami mimpi basah, karena mimpi basah adalah suatu fenomena yang wajar terjadi pada sebagian besar remaja pria. Namun juga tidak perlu khawatir bila anak tidak mengalami mimpi basah, karena memang tidak semua anak laki-laki akan mengalaminya. Mimpi basah terjadi saat anak mengalami rangsangan seksual saat tidur, lalu terjadi ereksi dan kemudian ejakulasi. Kadang-kadang anak dapat mengingat bahwa dia baru saja mengalami mimpi erotik, namun seringkali mereka tidak dapat mengingat mimpinya. Jika anak mengalami mimpi basah, ia harus membersihkan alat kelaminnya setelah bangun tidur untuk menghindari infeksi. Orang tua harus mengajarkan kepada anak laki-lakinya supaya membersihkan alat kelaminnya setiap hari. Pembersihan ini meliputi seluruh penis, buah zakar, dan jangan lupa untuk membersihkan kulit di ujung penis bila anak belum disunat.
Pertumbuhan tinggi badan
Rata-rata pertumbuhan tinggi badan pada remaja pria adalah 3 inci atau 6-7 sentimeter per tahun. Yang pertama kali tumbuh adalah kepala, telapak tangan, dan telapak kaki. Kemudian lengan dan tungkai juga mengalami pertumbuhan, dan pada akhirnya batang tubuh dan bahu juga mengalami pertumbuhan.

Perubahan suara pada remaja pria
Suara anak akan berubah menjadi lebih dalam, hal ini disebabkan oleh perubahan pada pita suara, kerongkongan, dan paru-paru. Perubahan ini dapat terjadi dengan sangat cepat, namun sebagian besar anak akan mengalami periode yang diawali dengan sulit mengontrol suara mereka, yang mana saat berbicara suara mereka bisa tiba-tiba menjadi tinggi namun kemudia tiba-tiba merendah kembali.
Pertumbuhan rambut
Remaja pria akan mengalami pertumbuhan rambut halus pada wajah, kaki, dada, dan di bawah ketiak. Rambut wajah pada awalnya muncul pada kedua ujung area di atas bibir, kemudian menjalar di sepanjang area di atas bibir, lalu kedua pipi, area di bawah bibir, dan pada akhirnya ke kedua sisi wajah dan dagu. Pada saat ini, remaja mulai perlu untuk bercukur. Pada remaja yang berkulit sensitif atau yang belum pernah bercukur sebelumnya, dapat muncul ruam kemerahan pada daerah yang baru saja dicukur, ini adalah iritasi kulit. Awalnya, remaja tidak perlu sering bercukur, namun seiring dengan waktu mungkin ia perlu bercukur tiap hari, karena pertumubuhan rambut menjadi semakin cepat dan tebal.
Berjerawat
Berjerawat selama masa pubertas disebabkan oleh sejumlah hormon di dalam tubuh yang mempengaruhi kelenjar keringat dan kelenjar lemak pada kulit, jadi hal ini tidak dapat dicegah. Jerawat dapat muncul di wajah, lengan, punggung, dan dada.

Perubahan pada bau badan.
Pada masa pubertas kelenjar keringat ikut mengalami perkembangan, di mana akan keringat akan lebih banyak diproduksi untuk mengatur suhu tubuh. Untuk mencegah bau badan, anak harus mandi dan mengganti bajunya secara rutin, dan dapat juga dengan menggunakan deodoran di bawah ketiak.



PENUTUP

 Keunggulan buku     : 

  • Dapat memberikan  informasi kepada remaja akan hal-hal mengenai berpacaran.
  • Banyak terdapat gambar yang menarik.
  • Penjelasannya sangat rinci.
  • Terdapat indeks untuk kata-kata yang sulit dimengerti.


Kelemahan buku
  • Kata-kata dalam buku ini banyak yang sulit untuk dipahami.
  • Beberapa kata yang sulit dimengerti tidak terdapat pada bagian indeks.


Manfaat buku          
  • Memberikan pengetahuan tentang masa-masa pubertas pada remaja pria






TENTANG PENULIS

Kate Gruenwald Pfeifer, LCSW, adalah pekerja social klinik bersertifikat. Ia menyandang gelar master di bidang kerja sosial dari Universitas Kolumbia dan juga mempunyai sefiifikat psikoterapi psikodinamik untuk anak dan remaja dari Institut Psikoanalitik. Pfeifer, yang berpraktik khusus untuk anak dan remaj a di Mellburn, New Jersey, adalah pekerja sosial sekolah dan pengawas program para pekerja sosial di beberapa sekolah menengah. Ia juga penulis buku American Medical Associalianiv Girl’s Guide to Becoming a Teen (Panduan untuk Cewek Menjelang Remaja).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar