Selasa, 04 Februari 2014

CUMI ASAM GARAM

 
 
Bahan: 
  • 1 kg cumi-cumi ukuran minimal panjang badan 10 cm
  • 2 bongkah asam jawa, kira-kira 2 sendok makan, remas-remas dengan 100 ml air. Kita akan gunakan airnya saja untuk membumbui cumi-cumi
  • 1/2 + 1/4 sendok makan garam
  • 1/2 sendok makan gula pasir
  • 4 - 5 sendok makan minyak goreng

Cara membuat:
  1. Siangi cumi-cumi, keluarkan isi cumi-cumi, buang tinta, isi perut, tulang rawan dan mulutnya yang terletak di bagian tengah tempat tumbuh tentakel dengan cara memencetnya menggunakan ibu jari dan jari telunjuk.  
  2. Biarkan kulit ungu cumi-cumi. Bersihkan cumi-cumi di air mengalir. Tiriskan. 
  3. Letakkan cumi-cumi di wajan, beri garam, gula pasir dan air asam jawa. Remas-remas cumi-cumi hingga keluar busa dan dagingnya terasa lemas.  
  4. Masukkan kepala cumi-cumi ke badannya, semat dengan lidi atau tusuk gigi agar isi tidak keluar saat dimasak. 
  5.  Tata cumi-cumi di wajan dan masak dengan cara diungkep, wajan ditutup menggunakan penutup panci.  
  6. Selama proses memasak, cumi-cumi akan mengeluarkan air yang banyak, sekali-sekali aduk cumi-cumi agar matangnya merata. Tutup kembali dan masak hingga air habis.  
  7. Jika airnya telah kering, kucuri  cumi-cumi dengan minyak goreng kemudian aduk-aduk hingga merata. Masak sebentar kira-kira 5 menit sambil diaduk-aduk agar tidak gosong. Matikan api dan angkat cumi-cumi dari wajan.  
  8. Cumi-cumi asam garam ini paling sedap dimakan dengan nasi hangat tanpa tambahan apapun. Dijamin anda akan menghabiskan nasi berpiring-piring.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar