Selain soto ayam, soto daging juga menjadi salah satu makanan favorit. Dari warung pinggir jalan hingga restoran berkelas, soto daging adalah salah satu menu yang banyak disukai. Kuah santannya yang khas dengan daging dan jeroan tentu membuat semua orang ketagihan.
Namun, bagi sebagian orang yang mempunyai masalah kesehatan seperti darah tinggi atau kolesterol, mereka cenderung menghindari makan soto daging karena jeroan dan kuah santannya yang berlemak tinggi. Lalu, bagaimana solusinya?
Dalam resep soto daging, umumnya santan digunakan untuk mengolah kuah kaldunya. Namun, untuk kuah kaldu yang bebas lemak, Anda bisa mengganti santan dengan susu rendah lemak . Rasanya sama gurihnya dengan santan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan daging sapi has dalam untuk mengganti jeroan . Rasanya tentu akan jauh lebih lezat dengan teksturnya yang sangat empuk.
Cara membuatnya sama saja dengan resep soto daging pada umumnya. 
  1. Daging direbus hingga empuk, lalu sisihkan kaldunya, tambahkan sedikit air. 
  2. Potong-potong daging dalam ukuran kecil. 
  3. Lalu, masukkan bumbu halus yang sudah ditumis ke dalam kaldu, 
  4. kemudian masukkan dagingnya. 
  5. Tuangkan susu rendah lemak, 
  6. kemudian aduk terus hingga kuah menyusut. 
  7. Lalu, hidangkan.
Kuah kaldu soto tentu menentukan kelezatannya. Agar kuah soto daging Anda terasa lezat dan mantap, selalu gunakan Royco Kaldu Bubuk rasa Ayam/Sapi dengan 5 kali rasa daging yang lebih kuat.