Kamis, 02 Januari 2014

TIPS BANDENG BEBAS LUMPUR

Arsip

 

Menghilangkan Bau Lumpur pada Ikan Bandeng

Bau lumpur pada ikan bandeng bisa merusak resep ikan yang paling lezat sekalipun. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa dipilih untuk menghilangkan bau lumpur ini.


Walaupun harganya biasanya lebih murah, tapi ikan air tawar sebenarnya tidak kalah nikmat dibandingkan ikan laut. Beberapa penelitian bahkan menyebutkan bahwa gizi ikan air tawar pun sama hebatnya dengan air laut. Konon, kandungan gizi dalam ikan bandeng lebih besar daripada ikan salmon, lho. Terlepas dari benar atau tidaknya hal ini, baik ikan air tawar maupun ikan laut tetap jadi pilihan sajian kaya gizi yang tidak boleh dilewatkan.

Salah satu ikan air tawar yang paling populer adalah bandeng. Jenis ikan ini sangat fleksibel dan bisa diolah dengan berbagai cara menggunakan beragam resep ikan. Sayangnya, kalau diolah dengan cara yang salah, ikan bandeng bisa berbau lumpur yang mengganggu. Nah, bagaimana cara untuk mengatasinya?

1. Dengan cuka

Bau lumpur pada ikan bandeng bisa diatasi dengan menggunakan cuka. Caranya, cuci bersih ikan bandeng, lalu olesi seluruh permukaan bandeng dengan cuka. Diamkan selama sekitar 20 menit, lalu cuci dengan bersih.

2. Dengan garam

Garam juga sangat membantu untuk menghilangkan bau lumpur pada bandeng. Caranya, cuci dan bersihkan ikan bandeng. Kalau ikan bandeng berukuran besar, potong ikan bandeng sesuai kebutuhan. Buat rendaman yang terbuat dari campuran air, garam, dan kunyit, lalu rendam bandeng dalam campuran tersebut selama sekitar 1 jam. Setelah itu, Anda bisa langsung mengolah bandeng. Kalau Anda tidak ingin ikan menjadi terlalu asin, Anda bisa mencuci ikan sekali lagi sebelum dimasak.

Pilihlah cara terbaik menghilangkan bau lumpur sesuai dengan cara Anda mengolah ikan bandeng. Anda juga bisa menyamarkan bau lumpur pada ikan dengan cara mengolah ikan dengan rempah-rempah beraroma kuat. Cara pengolahan ikan bandeng yang paling tepat untuk menyamarkan bau lumpur adalah dengan cara dipepes. Penggunaan rempah seperti bawang merah, bawang putih, kencur, jahe, kunyit, dan serai, ditambah dengan aroma daun pisang pembungkus pepes yang dibakar akan menciptakan aroma yang tidak hanya membangkitkan selera, tapi juga menutupi bau lumpur pada ikan bandeng. Tapi ingat, penggunaan bumbu tetap harus seimbang, agar tidak ada bumbu yang terlalu mendominasi rasa pepes. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar