Kamis, 02 Januari 2014

TIPS MENGOLAH UDANG

Arsip


Para penikmat seafood tentunya sudah terbiasa menggunakan udang sebagai salah satu bahan makanan favorit mereka. Di samping rendah kolesterol, hewan laut ini juga kaya akan protein, asam lemak esensial, vitamin D, vitamin B12, dan kalsium. Selain sehat, udang juga sangat lezat untuk dikonsumsi dan diolah dengan berbagai cara, seperti digoreng, direbus, dipanggang, atau dikukus. Di restoran ataupun rumah makan, Anda bisa dengan mudah menemukan aneka masakan Indonesia maupun internasional yang menyajikan udang. Jika ingin membuat sendiri menu udang favorit Anda, Anda bisa mencari aneka resep masakan udang di toko buku ataupun di internet.

Mengolah udang untuk dimasak di rumah tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Walaupun kelihatannya mudah, tetapi ada beberapa step yang harus Anda lakukan. Step ini akan menuntun Anda untuk membuat udang yang matang sempurna dan pas. Jika udang kurang matang dan terlalu matang, hasilnya akan kurang enak dan tidak memuaskan. Pemilihan bumbu masak yang tepat juga memengaruhi hasil masakan Anda.

Anda penasaran dengan bagaimana cara mengolah udang yang tepat? Berikut ini adalah tipsnya:
  1. Jika menumis atau menggoreng, masaklah udang secara cepat dengan api besar untuk mempertahankan rasa asli manis dan gurih pada udang.
  2. Jika memasak udang dengan kulitnya sekaligus, masaklah agak lebih lama dibanding memasak udang yang sudah dikupas. 
  3. Untuk memasak udang rebus, masukkan udang ke dalam panci berisi air mendidih, tambahkan sedikit garam, dan tutup panci. Masak hingga mendidih sebentar dan warna udang berubah menjadi kemerahan. 
  4. Jika udang rebus sudah matang, jangan diamkan terlalu lama di dalam panci berisi air mendidih tersebut. Langsung celupkan udang ke dalam air dingin atau air dengan suhu sedang agar proses masaknya terhenti. Jika didiamkan terlalu lama di panci, udang akan mengeras dan menjadi terlalu matang. 
  5. Jika udang digoreng atau ditumis, setelah matang langsung saja letakkan di piring untuk mencegah proses masak yang berlanjut. 
  6. Pilih bumbu masak yang tepat untuk membuat udang menjadi semakin lezat.
 
Sebelum memasak, alangkah baiknya jika terlebih dahulu Anda menentukan jenis udang yang akan dimasak. Hal ini penting karena setiap jenis udang memiliki ukuran yang berbeda-beda, yang tentunya akan berpengaruh pada proses lama memasaknya.

Jenis-jenis udang yang bisa Anda temukan di pasar di antaranya adalah Udang Jerbung yang berkulit tipis dan licin berwarna putih kekuningan, Udang Galah yang berukuran besar berwarna hijau kebiruan, dan Udang Windu yang berkulit keras dan tebal. Jadi, sudah siapkah Anda memasak udang hari ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar