Selasa, 07 Januari 2014

TIPS SAYUR LODEH GURIH



Tips 

Siapa yang tidak kenal sayur lodeh? Semua ibu-ibu di seluruh nusantara pasti mengenal masakan tradisional yang satu ini karena selain mudah dibuat, rasanya pun begitu nikmat. Sekali mencoba, Anda pasti akan ketagihan. Apalagi kalau dihidangkan dengan sambal terasi, tempe goreng, atau ikan asin. Pasti Anda bisa menambah nasi lagi.

Rasa gurih yang terasa pada sayur lodeh berasal dari santan kelapa. Bahan-bahan yang digunakan juga cukup divariasi. Misalnya tempe, labu siam, daun melinjo muda, jagung muda, wortel, jagung manis, melinjo, cabai hijau, kluwih/nangka muda, kacang panjang, dan terong.

Cara membuat sayur lodeh pun tidak memerlukan waktu lama. Asalkan Anda sudah mempersiapkan bahan yang diperlukan, sayuran yang gurih ini pun bisa langsung dihidangkan di meja makan. Apakah Anda penasaran bagaimana cara membuatnya? Ayo kita mulai saja membuat sayur lodeh kesukaan keluarga.

1.  Langkah pertama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sayur lodeh. Namun,jangan lupa membersihkan semua bahan dan bumbu sebelum diolah. Kalau bahannya lengkap, rasanya pun lebih nikmat. Tapi, kalau hanya ada beberapa bahan yang tersedia di dapur, Anda pun masih tetap bisa membuat sayur lodeh di rumah.
2.  Bumbu-bumbu yang dihaluskan adalah bawang merah, bawang putih, cabai merah, terasi, kencur, dan ketumbar. Bumbu lain yang digunakan adalah gula pasir, garam, daun salam, dan lengkuas yang dimemarkan.
3.   Kunci membuat sayur lodeh yang lezat terletak pada bahan yang matang sempurna. Hindari memasak terong, kluwih/nangka muda, labu siam, dan kacang panjang terlalu lama hingga lembek, agar masih terasa teksturnya.

4.      Santan yang digunakan juga ada dua jenis, yaitu santan cair dan santan kental. Santan cair dimasak terlebih dulu, sedangkan santan kental dimasukan saat sayur lodeh akan matang sehingga Anda bisa melihat kuahnya yang sedikit berminyak
5.      Jika suka, Anda juga bisa menambahkan petai saat sayur lodeh akan masak. Sayur    lodeh yang hangat lebih maknyus untuk dinikmati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar